Jumat, 16 Oktober 2015

Telematika

Tugas Softskill
Pengantar Telematika


Dhia Shofi Atikah
11112990
4KA07


Apa itu Telematika?

Berasal dari bahasa Perancis : “Telematique” (dipopulerkan pertama kali pada tahun 1978 oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam bukunya yang berjudul L'informatisation de la Societe). Diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Telematika sendiri adalah singkatan dari “Telekomunikasi” dan “Informatika“.



Kata Para Ahli
Telematika?

Moedjiono
Makna Telematika menurut beliau merupakan konvergensi dari: Tele=”Telekomunikasi”, ma=”Multimedia” dan tika=”Informatika”


Yusuf Hadi Miarso (2007)
Telematika merupakan sinergi teknologi telekomunikasi dan informatika untuk keperluan pemrosesan data dengan sistem binary (digital). Telekomunikasi adalah sistem hubungan jarak jauh yang terjalin melalui saluran kabel dan nirkabel (gelombang suara, elektromagnetik, dan cahaya). Sedangkan informatika adalah pengelolaan data yang bermakna dengan sistem binary (digital). Istilah Teknologi dan Komunikasi (ICT = Information and Communication Technology) yang lebih dikenal sekarang ini bermaksud memperluas pengertian telematika.


€€€Menurut Para Praktisi Teknologi
TELEMATICS merupakan perpaduan dari dua kata yaitu dari “TELECOMMUNICATION and INFORMATICS” yang merupakan perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah telematika juga dikenal sebagai “The New Hybrid Technology” karena lahir dari perkembangan teknologi digital.




Apa itu Pakar Telematika?

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) "Pakar" adalah (orang) ahli; spesialis . Telematika itu sendiri  merupakan  singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika. Telematika, dikenal juga sebagai ICT (Information and Communications Technology) yaitu merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.


Dari penjelasan tersebut, saya menyimpulkan bahwa "Pakar Telematika adalah seseorang yang ahli di bidang  Teknologi Komunikasi dan Informatika"




Jadi Telematika Adalah…

Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut, maka dapat disarikan pemahaman tentang telematika sebagai berikut :

1.Telematika adalah sarana komunikasi jarak jauh melalui media elektromagnetik. 

2.Kemampuannya adalah mentransmisikan sejumlah besar informasi dalam sekejap, dengan jangkauan seluruh dunia, dan dalam berbagai cara, yaitu dengan perantaan suara (telepon, musik), huruf, gambar dan data atau kombinasi-kombinasinya. Teknologi digital memungkinkan hal tersebut terjadi.

3.Jasa telematika ada yang diselenggarakan untuk umum (online, internet), dan ada pula untuk keperluan tertentu atau dinas khusus (intranet). 




Contoh Penerapan Telematika

E-commers merupakan salah satu pemanfaatan telematika yang paling banyak digunakan. E-commers merupakan bidang penjualan melalui jejaring sosial.

Menurut saya :
Dengan teknologi telekomunikasi dan informatika, hubungan jarak jauh  dapat terjalin tanpa adanya tembok pemisah antar geografis . Contohnya dibidang E-commerce sangat membantu bagi semua orang yang sedang melakukan transaksi bisnis baik si penjual ataupun si pembeli. Bagi si penjual di untungkan dengan menjual produk melalui sebuah website atau jejaring sosial lainnya tanpa perlu menjajakannya kesana-kemari dan bagi si pembeli tidak perlu mencari barang kesan-kemari, cukup dengan melihatnya melalui website dan akan mendapatkan barang yang diinginkan setelah melakukan deal transaksi tanpa harus si  pembeli bertemu dengan si penjual dan sebaliknya. 


Referensi :






¨

Tidak ada komentar:

Posting Komentar